Tebing di Kp. Cimawate, Desa Tarunajaya, Kec. Sukaraja, Kab. Tasikmalaya longsor

Jejak Tasela - Tebing setinggi 25 meter di Kp. Cimawate, Desa Tarunajaya, Kec. Sukaraja, Kab. Tasikmalaya, longsor pada Kamis (27/02/2020). Selain longsor, tanah di lokasi juga mengalami retakan sepanjang 100 meter.

Informasi yang dihimpun, penyebab longsor dan retakan tanah dipicu tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah ini juga karena luapan sungai Ciwulan yang posisinya tak jauh dari lokasi.

Dari pendataan yang dilakukan TNI, Polri serta BPBD, tak ada korban jiwa akibat dari kejadian in. Hanya saja, 9 kios milik Pemdes Tarunajaya, kantor BUMDes Tarunajaya serta jalan yang menghubungkan Sukaraja-Mangunreja terancam amblas bahkan terputus. 

Hingga Sabtu (29/2/2020) sore, Kapolsek Sukaraja AKP Pengki Rizwan bersama jajaran Muspika, Pemdes terus berkoordinasi dengan pihak BPBD kabupaten untuk melakukan pemantauan di lokasi hingga penanganan lanjutan.

"Sementara, kami  memasang garis polisi di lokasi untuk mencegah aktifitas warga di lokasi karena sangat berbahaya, sekaligus intensif melakukan pengamatan serta menghimbau warga tetap waspada, dan apabila ada gejala akan  terjadinya longsor susulan kami harap warga segera melapor," ujar Pengki.

Sebagai jaga-jaga, pemdes beserta pengurus BUMDes Sirnajaya telah mengevakuasi sejumlah peralatan kantor dan dokumen ke tempat yang lebih aman. (Ihsan)