Kader posyandu menjadi garda terdepan pencegahan stunting

Jejak Tasela - Upaya nyata dalam pencegahan stunting dilaksanakan oleh Pemdes Bojongasih  dengan melibatkan seluruh kader posyandu. Diawali dengan menggelar pembekalan peningkatan kapasitas kader posyandu  dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Bojongasih, Sabtu (6/7/2019).

Dalam paparannya, narasumber daei Puskesmas Bojongasih Fiki dan Maya menjelaskan secara gamblang terkait stunting, yakni penyakit yang disebabkan gizi buruk dan berakibat terhadap tak normalnya perkembangan anak. Narasumber juga menjelaskan bagaimana penanggulangan dan pencegahan terhadap stunting tersebut.

"Pemahaman dan pengetahuan tentang kualitas asupan gizi bagi anak wajib diketahui keluarga terutama para ibu guna tumbuh kembang anak yang sempurna," jelas Fiki.

Sementara Kades Bojongasih H Subhan Sopari mengungkapkan jika acara tersebut merupakan langkah tepat dalam memberi peningkatan kualitas kader posyandu sebagai garda terdepan pencegahan stunting dan motor penggerak peningkatan kualitas kesehatan dan pola hidup sehat masyarakat Desa Bojongasih.

"Ini adalah upaya mandiri kami dalam keikutsertaan mencegah stunting di masyarakat desa bojongasih," kata Subhan kepada jejakjabar.com. (Mz)