Jampana Desa Raksasari, Kec. Taraju

Jejak Tasikmalaya - Festival Jampana menjadi salah satu acara dipenghujung gelaran Tasik Motekar 2019 dalam rangka Hari Jadi Kab. Tasikmalaya ke-387. 39 kecamatan, 351 desa se-Kab. Tasikmalaya menampilkan berbagai kreasi seni dan budaya, termasuk Kecamatan Taraju. 

Kecamatan dengan 9 desa di wilayahnya itu masing-masing menampilkan jampana dengan menonjolkan kearifan lokal terutama hasil perkebunan yang menjadi primadona yaitu teh. 

"Selain menampilkan hasil sumber daya alam primadona kami yakni teh, kami juga menampilkan hasil bumi lainnya seperti cabe, gula, hasil kebun dan lainnya," ujar Kasubbag Umum dan Kepegawaian Kec. Taraju Yudi Sudrajat, S.ST disela kegiatan. 

Selain kaya akan hasil bumi, terang Yudi, Kecamatan Taraju mempunyai destinasi-destinasi wisata yang patut dikunjungi seperti perkebunan teh, mini Hollywood, Gunung Luhur Langit dan tentunya kuliner khas yakni nasi liwet. 

"Selain hasil bumi yang melimpah, Kecamatan Taraju mempunyai alam yang indah dengan kesejukannya. Akan lebih sempurna lagi, sambil menikmati kesejukan alam kita menikmati nasi liweut," tutur alumni SMPN 1 Kota Tasikmalaya itu.

Ditambahkan Yudi, Kecamatan Taraju juga mempunyai kopi dengan aroma dan rasa yang khas. 

Seperti diketahui, Festival Jempana 2019 dipusatkan di halaman Setda Kab. Tasikmalaya, Bojong Koneng, Singaparna, Minggu (28/7/2019). (Dwi)