Salah satu makam yang digali secara misterius

Jejak Tasela - Penggalian sejumlah makam di tempat pemakaman umum di Kp. Pakemitan II Desa Pakemitan, Kec. Cikatomas, Kab. Tasikmalaya kembali terjadi pada Rabu malam (13/11/2019), penggalian makam tersebut diketahui sekitar pukul 23.30 WIB oleh sejumlah warga sekitar makam. 

Sebanyak 8 makam diketahui tergali dan seluruhnya pada bagian kepala atau tepat dibawah batu nisan. Adanya penemuam 8 makam yang tergali makin menimbulkan pertanyaan besar bagi warga sekitar siapa pelaku dan tujuan dari penggalian makam di TPU Pakemitan, apalagi beberapa hari sebelumnya juga didapati penggalian 10 makam yang target penggalian sama pada bagian batu nisan dan keseluruhan makam yang di gali adalah makam yang telah dibangun tembok.

Dari identifikasi warga dan petugas, dari 8 makam  pada TPU yang tak jauh dari SDN Cikatomas I, Kp. Pakemitan II, Desa Pakitan, Kec. Cikatomas, Kab. Tasikmalaya yang ditemukan tergali didapati ada sejumlah makam yang kembali digali usai sebelumnya diperbaiki oleh pihak keluarga usai beberapa waktu lalu didapati tergali dan ada beberapa makam yang baru tergali dan acak-acakan. 

Selain itu didapati fakta penggalian makam tersebut tepat di bagian batu nisan dengan kedalaman 45 cm dan diameter 10 cm sehingga tak merusak kondisi makam tersebut secara keseluruhan.

Momon, salah seorang warga Kp. Pakemitan yang juga petugas penggali makam di TPU tersebut menjelaskan, saat diketahui ada penemuan salah satu makam yang telah tergali, dirinya bersama sejumlah warga lainnya langsung mengecek kondisi seluruh area pemakaman yang diperkirakan terdapat 500 makam, namun hanya ditemukan 8 makam yang telah dibangun dengan tembok yang tergali dan dalam kondisi acak-acakan.

"Dari penelusuran, kami tak menemukan ada benda atau mayat dari 8 makam tersebut yang hilang, sekaligus tak ditemukan benda atau perkakas yang di gunakan untuk menggali sejumlah makam tersebut," jelas Momon. (Mz)