dr. Dewi Ligiarti

Jejak Tasela - Rendahnya kesadaran warga di Tasela untuk memakai masker saat berada di luar rumah membuat prihatin kalangan paramedis, ketidaktaatan warga tersebut dianggap menjadi ancaman terbuka potensi penyebaran virus corona.

dr. Dewi Ligiarti, dokter Puskesmas Karangnunggal menjelaskan, dirinya menyayangkan perilaku warga yang terkesan mengganggap remeh akan ancaman virus corona. Dari pantuannya, jumlah warga bermasker lebih sedikit daripada yang tak menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah dan saat berkendaraan.

Dijelaskannya, penggunaan masker, menjadi cara pencegahan penyebaran corona di samping himbauan social distancing, tetap di rumah, cuci tangan dan perilaku PHBS. Namun saat tidak dilaksanakan secara sadar oleh warga, diyakini upaya pencegahan tak akan berhasil maksimal.

Selain tak menjalankan himbauan bermasker, perilaku berkerumun di tempat umum tanpa mengedepankan protokol keamanan juga masih terlihat.

Kondisi ini menjadi catatan khusus bagi instansi terkait serta gugus tugas penanganan Covid-19 untuk kembali menggencarkan sosialisasi serta melakukan langkah tegas agar masyarakat mau menjalankan himbauan pemerintah.

"Kami mengajak warga untuk melaksanakan himbauan pemerintah agar tak terpapar virus corona sekaligus mempercepat penanganannya," pungkas Dewi, Sabtu (18/4/2020). (Mz)