Dayat Mustopa

Jejak Tasikmalaya - Pemkot Tasikmalaya tengah melaksanakan open bidding untuk tiga Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Yakni untuk Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan serta Staf Ahli Bidang Keuangan, Ekonomi dan Pembangunan. Saat ini, prosesnya sudah memasuki tahap akhir. Jelang putusan pemenang, Komisi I DPRD Kota Tasik meminta agar wali kota bersikap bijak dan profesional dalam menentukan pemenangnya.

"Seharusnya memang begitu (bijak dan profesional). Mudah-mudahan pak walikota selaku PPK taat aturan walaupun penentuan jabatan merupakan kewenangan wali kota. Selaku PPK baiknya aturan juga dipakai," kata Ketua Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya, Dayat Mustopa, dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Selasa (29/10/2019) malam.

Komentar Dayat Mustopa menjurus ke open bidding Kepala Dinas Kesehatan. Dalam PerMenkes Nomor 971/2009 Tentang Standar Kompetensi Jabatan Struktural Kesehatan Pasal 19 ayat (1): Kepala dan Sekretaris Dinas Kesehatan Berlatar Belakang Pendidikan Sarjana Kesehatan dengan Pendidikan Strata 2 Bidang Kesehatan Masyarakat.

Di ayat (4) pasal itu disebutkan, kepala dan sekretariat diutamakan memiliki pengalaman jabatan paling singkat 3 (tiga) tahun sebagai Kepala Bidang di Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota atau Kepala Dinas Kesehatan di Provinsi/Kabupaten/Kota lainnya. Jika merunut pada regulasi tersebut, salah satu dari empat peserta yang memenuhi syarat yakni Didin Fitriyadi, S.IP., M.Kes.

Agar sesuai harapan (open bidding berjalan bijak dan profesional) Dayat Mustopa mengaku Komisi I sudah mengundang Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan Daerah (BKPLD) selaku penyelenggara serta tim panitia seleksi open bidding untuk berdialog tentang prosesnya. (Piter)