Penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Dana desa oleh Pemdes Parungponteng

Jejak Tasela - Upaya percepatan penanggulangan pandemi Covid-19, pemerintah mengintruksikan seluruh desa untuk mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang anggarannya bersumber dari Dana Desa TA 2020.

BLT Dana Desa diberikan kepada warga miskin yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Pra Kerja.

Sesuai dengan ketentuan tersebut, Pemdes/ Kec.Parungponteng Kab. Tasikmalaya, melakukan penyaluran bantuan tunai senilai Rp 600 ribu/bulan kepada 80 kepala keluarga yang  terdampak ekonomi akibat covid 19, Senin (11/5/2020).

Bantuan diserahkan langsung oleh kepala desa dan perangkat desa disaksikan jajaran lembaga desa dan Muspika Kec. Parungponten dalam sebuah acara khusus di aula pertemuan kantor desa.

Kades Parungponteng  H Entis Sutisna, menjelaskan, untuk penyaluran BLT Dana Desa saat ini untuk alokasi bulan April dan Mei, jadi setiap kepala keluarga akan menerima Rp 1,2 juta tanpa ada potongan apapun. Selanjutnya, jika dilapangan ada yang meminta kepada penerima mengatas namakan desa itu adalah oknum dan segera melaporkan kepada pihak desa atau langsung kepada pihak kepolisian. 

"Apabila pandemi Covid-19 terus berlanjut pihak desa akan kembali menyalurkan bantuan langsung tunai sebesar 12 persen pada pencairan Dana Desa tahap 2 dan 11 persen ditahap 3 hingga total mencapai 35 persen sesuai dengan ketentuan dari pemerintah pusat sebagai pola maksimal pengalokasian BLT Dana Desa dalam membantu masyarakat ditengah pandemi covid 19," terang Entis. (Ihsan)