Prosesi pemakaman warga berstatus PDP

Jejak Tasela - Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kab. Tasikmalaya, dr. Heru Suharto, menyebutkan, penyebab meninggalnya R, warga Kp. Panembong RT/RW 55/02, Desa Cibatuireng, Kec. Karangnunggal, belum jelas. Apakah akibat positif Coronavirus atau bukan. Sekalipun saat di rumah sakit R berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona.

Dalam keterangannya Heru menyampaikan, pada Senin (24/3/2020) sekitar pukul 23.00 Wib, PDP yang diantarkan oleh petugas medis Puskesmas Karangnunggal meninggal hanya beberapa jam setelah mendapatkan penanganan medis dari tim dokter RSMC Singaparna.

"Walaupun ada riwayat bahwa yang bersangkutan berada di luar kota selama sepuluh hari, yang mana kota yang disingghinya itu masuk zona merah, kami belum bisa memastikan penyebab meninggalnya. Apakah karena Covid-19 (Coronavirus) atau bukan. Sebab bisa saja meninggalnya karena penyakit seperti jantung atau penyakit lainnya. Kita tunggu hasil laboratorium dalam waktu dua sampai tiga hari mendatang," jelas dr Heru.

Terkait peti jenazah yang disegel dan tidak boleh dibuka kembali, Heru menjelaskan, langkah tersebut sebagai antisipasi saja.

"Sambil menunggu hasil pasti penyebabnya, kami berharap masyarakat tetap tenang dan jangan termakan informasi yang belum pasti kebenarannya. Kami juga menghimbau seluruh masyarakat tetap waspada dan menjalankan arahan pemerintah agar terhindar dari virus ini," pungkasnya. (Mz)