Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT Sukses Jabar Banten, Sunan R Dananjaya

Jejak Tasikmalaya - PT Sukses Jabar Banten menggelar Workshop Solusi Pengelolaan Retribusi Parkir dan Retribusi Pasar Wilayah Kota Tasikmalaya di Hotel City, Jumat (6/9/2019). Sistem yang diperkenalkan yakni Smart Parking dan Smart Market.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT Sukses Jabar Banten, Sunan R Dananjaya mengatakan, tujuan workshop untuk memperkenalkan berbagai solusi melalui implementasi teknologi digital dalam pengelolaan terpadu sistem retribusi parkir dan pasar.

"Karena selama ini yang kita ketahui pola pemungutan retribusi masih manual, sedangkan teknologi sudah semakin berkembang. Saya berharap ini akan menjadi solusi, kedepannya, bisa meningkatkan pendapatan daerah khususnya dan mensejahterakan warga lingkungan sosial Kota Tasikmalaya sendiri," ungkap Sunan.

"Harapan kami dengan adanya sistem pemungutan retribusi akan lebih akurat dan data akan secara real time untuk dipantau oleh dinas-dinas terkait," ucapnya.

Sebelum Kota Tasikmalaya, kata dia, sistem Smart Parking sudah diimplementasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hasilnya, pendapatan per bulan ada kenaikan lebih dari 300% dengan perangkat yang sama. Sementara di Cikarang, masih menunggu launching.

Untuk implementasi lokasi di Kota Tasikmalaya, ujar Sunan, belum dapat diketahui karena masih harus didiskusikan dengan Pemkot Tasikmalaya. Namun kondisi Kota Tasikmalaya secara umum padat tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya serta pengelolaan masih manual sehingga masih ditemukan ketimpangan besaran tarif parkir. 

"Kami memperkenalkan solusi bukan jualan. Kelebihan sistem ini, bisa mensupport parkir on street dan off street, on street seperti dijalan-jalan, off street seperti di mall dan semua terintegrasi, kelebihannya mudah terpantau," terang Sunan. (Dwi