Ketua PPK Karangnunggal Redi Selamet saat mewawancarai calon PPS

Jejak Tasela - Proses perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pilkada serentak Kab. Tasikmalaya kini telah memasuki tahap tes wawancara. proses tes wawancara tersebut dilaksanakan dimasing-masing kecamatan yang dilaksanakan oleh PPK.

Di wilayah Tasela, sejak kemarin sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan melaksanakan proses tes wawancara dan komputer bagi peserta yang dinyatakan lolos tes tertulis beberapa waktu lalu.

Di Kec. Karangnunggal sebanyak 69 orang calon PPS ikuti serangkaian tes yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan dan Kantor PPK yang dimulai Kamis (12/3/2020).

Ketua PPK Karangnunggal Redi Selamet menjelaskan, pelaksanaan tes lanjutan perekrutan PPS di wilayahnya akan dilaksanakan pada Kamis-Jumat (12-13/3/2020). Dalam waktu dua hari tersebut, peserta akan diwajibkan mengikuti wawancara yang berkenaan kepemiluan, teknis dan keorganisasian dalam penyelenggaraan pemilu serta pemaparan tentang komitmen dan integritas.

"Pelaksanaan tes ini menjadi rangkaian seleksi untuk pembentukan PPS di 14 desa Kec. Karangnunggal dengan jumlah kebutuhan sebanyak 42 orang sementara untuk penetapan siapa saja yang lolos menjadi kewenangan KPUD Kab. Tasikmalaya," jelas Redi.

Sementara Ketua PPK Bantarkalong, Rizal Fauzi  Ridwan Apip mengatakan, pelaksanaan tes wawancara dan tes komputer bagi calon penyelenggara pemilu desa dilaksanakan PPK sebagai pelaksanaan tugas dari KPUD, nantinya hasil dari tes hari ini akan langsung dilaporkan untuk ditindaklanjuti oleh KPUD untuk menentukan siapa saja yang dinyatakan lolos menjadi anggota PPS.

"Dalam pelaksanaan tes tahap 2 ini, di kec. Bantarkalong ada 28 orang peserta, selanjutnya nanti KPUD yang akan menentukan 3 orang dari 8 desa untuk mengisi keanggotaan PPS desa," kata Rizal.

Selain Kec. Karangnunggal dan Bantarkalong, ada beberapa PPK Kecamatan yang menggelar tes bagi calon PPS masing-masing Culamega (23 orang), Bojongasih (27 orang), serta sejumlah kecamatan lainnya dengan jumlah peserta capai puluhan orang. (Mz)