Peserta Rempug Stunting Desa Cipicung

Jejak Tasela - Kepengurusan Rumah Desa Sehat (RDS) Desa Cipicung, Kec. Culamega, Kab. Tasikmalaya terbentuk, sejumlah agenda kegiatan dan target kerja berkenaan penanganan persoalan sosial, kesehatan terutama penanganan stunting menjadi tanggung jawan kepengurusan RDS Cipicung yang di ketuai Yusep Ridwansyah, S.Pd.

Pembentukan RDS itu sendiri di prakarsai Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Desa Cipicung dan TPID Kec. Culamega bersama unsur pemdes dan muspika dalam satu musyawarah dan Rembug Stunting di Saung Pertemuan Kampung KB, Desa Cipicung, Kamis (19/9/2019).

Ketua TPID Desa Cipicung Heni Maliyanie usai acara menjelaskan, pembentukan RDS berkembang di wilayahnya merupakan upaya penguatan dan kepedulian hingga penanganan secara mandiri terhadap sejumlah persoalan yang dihadapi warga Cipicung dalam persoalam sosial, kesehatan hingga penanganan stunting yang menjadi salah satu prioritas utama pemerintah tahun 2020.

"Nantinya penanganan stunting yang dilakukan pengurus RDS, pemdes dan petugas kesehatan dapat memanfaatkam alokasi dana desa yang di terima oleh pemdes," jelas Heni.

Sementara Camat Culamega Tubagus Aam Muharam saat ditemui terpisah menyampaikan dukungannya terhadap semua langkah TPID dan instansi terkait lainnya untuk melakukan sosialisasi Rempug Stunting hingga pembentukan pengelola RDS di seluruh desa se Kec. Culamega.

Alasannya, pengelola RDS merupakan warga desa setempat yang punya akses langsung dengan masyarakat ketika ada persoalan berkenaan persoalan sosial, kesehatan yang muncul.

"Dengan terbentuk RDS di 5 desa se kec. Culamega akan memudahkan koordinasi sekaligus dapat mempercepat penanganan masalah yang terjadi di masyarakat," jelas Aam. (Mz)