Sabyan

Jejak Jakarta - Ayus, Nissa dan Kamal, tiga orang yang tergabung dalam grup Sabyan kembali merilis karya terbaru yang berjudul “Doa dan Karya”. 

Perjalanan panjang yang dilalui oleh Sabyan yang terhitung sudah beberapa tahun ini tidak membuat mereka enjoy dan menikmati pencapaiannya. Dengan percaya diri mereka kembali menelurkan karyanya yang memang sangat jauh dari karakter Sabyan yang sudah mereka bangun.

Keluar dari zona nyaman, merupakan tantangan buat mereka, terlebih untuk materi ini dirilus sebelum Ramadhan, yang biasanya akan disambut dengan lagu religi seperti yang sudah-sudah Sabyan rilis. Keberanian Sabyan dalam menuju lompatan karya tidak lain didasari oleh sang kreator yang juga menjadi keyboardis dari Sabyan, Ayus.

Ayus berhasil membuat sebuah lagu yang berlirik full Indonesia dengan aransemen khas Sabyan. Untaian lirik yang disandingkan dengan aransemen yang indah membuat lagu “Doa dan Karya” sangat ringan didengarkan oleh para pecinta musik Indonesia. Permainan aransemen dari awal lagu sampai dengan masuk reff merupakan komposisi yang sangat berbeda dari lagu-lagu Sabyan sebelumnya. 

Kekuatan universal yang diusung Ayus sebagai pencipta di lagu ini, merupakan warna serta arah baru bagi Sabyan. Mereka berani keluar dari zona nyamannya untuk membuktikan bahwa Sabyan tidak hanya berkarya dengan religi, Sabyan juga bisa masuk ke ranah pop.

Dalam lagu “Doa dan Karya” Ayus ingin membawa pendengarnya untuk merenung dan memikirkan untuk masa depan. 

“Selain berdoa dan berkarya kamu juga harus membulatkan tekat untuk impian yang kalian inginkan dan jangan lupa untuk selalu bersyukur di setiap keadaan apapun, karena itu merupakan salah satu cara agar kita selalu dapat menikmati hidup," ujar Ayus. 

Simplenya, lirik yang ada dalam lagu ini di padu dengan karakter vokal dari Nissa yang khas menambah perbedaan dari lagu-lagu sebelumnya.

Jika didengarkan sepintas mungkin pendengar akan menebak lagu ‘Doa dan Karya” bukan dari Sabyan, karena perbedaan besar jika dengar secara seksama di vokal lagu ini, kalau biasa dengar Nissa mendayu-dayu penghayatan dalam tempo yang lambat di lagu sebelumnya, tapi tidak dilagu ini, aluanan musik yang modern dengan tempo cepat terdengar di lagu “Doa dan Karya". 

Sabyan serta milana musik nusantara berharap lagi “Doa dan Karya” ini dapat diterima dan dinikmati oleh semua pencinta dan pendengar musik Indonesia. Salam Musik Indonesia. (**