Kuwu Gareng (kiri) memperlihatkan tempat usaha barunya, isi ulang air minum

Jejak Tasikmalaya - Tak puas dengan usaha yang dimilikinya saat ini, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tanjungbarang, Kec. Cikatomas, Kab. Tasikmalaya, kembali melebarkan sayap usahanya. Yang terbaru adalah dengan membuka usaha air minum isi ulang.

Tempat air minum isi ulang ini berada di kantor BUMDes yang terletak di belakang Bale Desa. Adapun usaha yang sebelumnya dimiliki dan masih berjalan hingga saat ini yakni rental mobil dan foto copy.

Kepala Desa Tanjungbarang, H Pepen Rosmudin, mengatakan, untuk membuka usaha air minum pihaknya menginvestasikan sekitar Rp 27 juta yang diambil dari Dana Desa.

"Dari nominal Rp 27 juta sebagian besarnya untuk membeli mesin water treatment (pengolahan air) yang didatangkan langsung dari Bandung. Dalam dua hari ke depan, Insya Allah usaha ini sudah bisa melayani konsumen," kata kepala desa yang populer dipanggil Kuwu Gareng, diwawancari di kantornya, Selasa (20/8/2019) siang.

Gareng mengungkapkan, usaha air minum dipilih karena pihaknya melihat ada potensi cukup besar di sini seiring adanya gelagat prilaku konsumtif dari masyarakat.

Untuk tahap awal, tutur Gareng, sasaran pasarnya adalah masyarakat Tanjungbarung. Ke depan tidak menutup kemungkinan akan merambah ke luar wilayah. Bila perlu lintas kecamatan atau bahkan lintas daerah.

"Termasuk kami juga sedang berpikir apakah akan menjual air siap konsumsi ini dalam bentuk kemasan gelas dan botol, kita lihat saja nanti. Mohon do'a dan dukungan agar usaha baru kami berjalan lancar," pungkasnya.

Harga per satu galon air minum isi ulang dibandrol Rp 4 ribu. Untuk sumber airnya didapat dari sumur bor yang tak jauh dari kantor BUMDes. (Piter)