Siswa-siswi SDN 1 Bantarkalong riang gembira saat belajar di alam terbuka

Jejak Tasela - SDN 1 Parakanhonje Kec. Bantarkalong, Kab. Tasikmalaya melaksanakan pembelajaran langsung di alam terbuka. Pembelajaran bertema tentang pendidikan alam itu dilakukan di lingkungan sekitar sekolah di hari-hari tertentu. 

Para siswa diajak oleh guru belajar dengan rileks guna mengaplikasikan secara langsung tentang dunia flora dan fauna sesuai pembelajaran dalam tema.

Saat pembelajaran pada siswa kelas III itu, Sabtu (12/10/2019) salah seorang guru Widaningsih S.Pd fokus memberikan pemahaman tentang dunia flora dan fauna pada puluhan anak didiknya yang sengaja dirinya ajak ke arae sawah dan kebun yang ada dibelakang sekolah. Usai belajar anak-anak diajak untuk makan bersama/botram dari bekal makanan yang mereka bawa dari rumah.

"Dengan  mengajak langsung anak belajar di alam memudahkan dalam pemberian pembelajaran terkait flora dan fauna sesuai materi pembelajaran  tema yang wajib diberikan. Sementara acara makan bersama dijadikan sarana penguatan jalinan pertemanan dan silahturahmi antar siswa," terang Wida.

Sementara Kepala SDN 1 Parakanhonje Kec. Bantarkalong Kaswilah, S.Pd sangat mendukung konsep belajar di alam terbuka untuk lebih aplikatif dalam penerapan langsung tema terkait pendidikan flora dan fauna bagi siswa.

"Dengan langsung ke alam diyakini dapat mempercepat capaian aplikatif pembelajaran tema sekaligus memberi kesempatan siswa lebih mengenal alam sekaligus bersantai," kata Kaswilah. (Mz)