Salah seorang korban dalam penanganan medis

Jejak Tasela - Nasib nahas dialami 6 warga sekitar lokasi penyulingan minyak cengkeh di Kp. Cikangkareng RT 01/01, Desa Simpang, Kec. Bantarkalong, Kab. Tasikmalaya. Mereka terluka melepuh akibat tersiram air panas cukup serius usai tabung vacum penyulingan meledak saat mereka tengah bekerja, Rabu (4/9/2019), sekitar pukul 18.45 Wiib.

Empat korban; Resi bin Ependi, Ranggayuda bin Engkos, Yogi bin Imat dan Rosi Maulana dirujuk ke RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya dan dua korban lainnya Abdul Sidik bin Rojak serta Restu bin Pana menjalani perawatan di Puskesmas Bantarkalong.

Informasi yang diperoleh jejakjabar.com dari sejumlah warga sekitar lokasi, meledaknya tabung vakum penyulingan diakibatkan oleh dibukanya tutup baud tabung oleh salah satu pekerja sebelum waktunya dan posisi gas penyulingan belum dikeluarkan. Hal itu mengakibatkan seketika air panas dalam tabung tersebut menyembur dan mengenai pekerja dan sejumlah warga sekitar yang tengah menonton proses penyulingan cengkeh tersebut.

"Meledaknya tabung vakum penyulingan diduga kuat karena tekanan gas yang bercampur air panas terlalu kuat, sehingga saat tutup terbuka sedikit air langsung menyembur keluar dengan deras hingga mengenai 6 orang tersebut yang berada di saung penyulingan" jelas Nurul Hakiki, salah seorang saksi pada jejakjabar.com, Kamis (5/9/2019). (Mz)