Ketua Tim Wantanas Mayjen TNI Aria Martono Haryadi bersama rombongan yang di dampingi Direktur PT GMP Dodi Gustari (pakai Batik tangan panjang) saat melakukan kunjungan ke salah satu industri Penyamakan Kulit PT. GMP

Jejak Garut - Tim Pengkajian Daerah Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Garut, Rabu (24/10/2018). Selain melakukan pertemuan dengan beberapa petinggi di Kab. Garut, tim dari Wantanas tersebut juga menyempatkan diri mengunjungi Industri penyamakan kulit, PT. Garut Makmur Perkasa ( GMP) yang berlokasi di Jln. Sudirman, Kecamatan Garut Kota.

Dari pantauan dilapangan, rombongan Wantanas mengunjungi salah satu industri penyamakan kulit dipimpin langsung Mayjen TNI Aris Martono Haryadi, didampingi Brigjen TNI Abdul Shamad, Brigjen TNI Rido Hermawan, M.Sc, Kol Sus Sutarno, Kol Czi Budi Irawan, Dedi Purwadi, Even Alex Chandra dan juga TU Desisnas.

"Sebelum melakukan kunjungan ke Kabupaten Garut, kami melakukan kunjungan ke Kota Tasikmalaya, untuk melihat secara langsung kerajinan dengan kearifan lokal yang nantinya bisa kami angkat, agar perekoniman dari sentral kerajinan yang menaikan kearifan lokal ini bisa dikenal di internasional," ungkap Mayjen TNI Aris Martono Haryadi kepada wartawan

Lebih lanjut ia memaparkan, untuk saat ini yang serba modern, sehingga kerajinan yang mengangkat kearifan lokal kalah bersaing. Maka dirinya pun sengaja mengunjungi ke daerah diantaranya Kota Tasikmalaya, dan Kab. Garut untuk melihat secara langsung sentral kerajinan terutama kerajinan penyamakan kulit.

"Dari hasil kunjungan kami, saat ini potensi di Kabupaten Garut terutama dari penyamakan kulit terlihat potensi, bahkan jaket kulitnya pun sudah mendunia, sehingga kami perlu membantu kerajinan dengan mengedepankan kearifan lokal ini, agar perekonomianya semakin tumbuh," tuturnya.

Lanjut ia, dengan teknologi yang saat ini berkembang diharapkan pengrajin yang kecil, UMKM, dan lain sebagainya dapat mengikuti perkembangan yang ada.

“Mau tidak mau dengan era globalisasi harus mengikuti, dalam kesempatan ini melihat ketahanan ekonomi, bagaimana masyarakat harus bisa memanfaatkan teknologi itu," ujarnya

Lebih jauh disampaikan saat ini pihaknya akan terus melakukan kunjungan ke setiap industri yang berkaitan dengan ekonomi.

“Besok kita juga akan melakukan kunjungan ke industri dan membawa tim dari salah satu belanja online yang cukup besar di Indonesia, untuk bisa melihat peluang dalam segi pemasaran," ungkapnya. (Beni)