Beginilah penampakan motor milik Apip Adimansah yang menggunakan elpiji 3 kg sebagai bahan bakar

Jejak Tasikmalaya - Lazimnya kendaraan roda dua berbahan bakar minyak (BBM), tapi tidak dengan motor milik Apip Adimansah. Apip menjadikan gas elpiji sebagai bahan bakar motor kesayangannya. Kemana pun pergi, satu tabung elpiji 3 kilogram terpasang dibagian belakang motor.

Tak heran, motor milik Ketua Yayasan SMK Mujahid yang tinggal di Blok 4 Perumahan Kota Baru, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya itu kerap menjadi tontonan.

Diungkapkannya, inovasi ini hasil dari rakitan konventer, dimana bahan bakar motor pabrikan Jepang ini dapat di konversi ke gas.

“Motor saya memang harus membawa tabung gas elpiji karena menjadi bahan bakar motor menggantikan premium,” ujarnya.

Ide cemerlang itu, kata Apip, sudah muncul sejak setahun yang lalu. Namun, ia baru serius ngoprek sekitar dua bulan lalu. Mewujudkan ide itu Apip tidak sendiri tapi dibantu oleh siswanya.

"Memakai baham bakar gas lebih irit. Kita uji coba ke Bandung cuma habis satu tabung saja, itu juga masih ada sisa," ungkapnya.

Agar dapat mencapai hasil yang sempurna, Apip terus melakukan pembenahan modifikasi konverter. Terutama mencari modulasi agar suara motor tidak kasar dengan menempatkan saringan udara yang tepat.

"Begitu pun dengan tabung yang masih disimpan di belakang dengan diikat memakai karet dan dikunci gembok supaya tak ada yang mencuri tabungnya,” ucapnya. (Dwi)