Wali Kota Tasikmalaya yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Covid 19, Budi Budiman

Jejak Tasikmalaya - Wali Kota Tasikmalaya, H Budi Budiman, mengapresiasi gerakan Relawan Kang Yanto Oce selama ini yang masif melakukan aksi sosial. Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Tasikmalaya, Budi mengucapkan terima kasih. Terlebih, itu dilakukan di tengah pandemi Coronavirus Disease 19 atau Covid-19. 

"Luar biasa kepedulian yang dimiliki Kang Yanto Oce untuk Kota Tasikmalaya. Sebagai pituin Tasik yang lama tinggal di Jakarta, beliau begitu peka memerhatikan masyarakat Kota Tasik. Terima kasih Yanto Oce. Mudah-mudahan banyak Yanto-Yanto Oce lainnya di Tasikmalaya," kata Budi Budiman, Jum'at (8/5/2020) sore di Bale Kota. Budi sendiri mengaku belum pernah bertemu langsung dengan Yanto Oce.

Wali kota menambahkan, gerakan sosial Yanto Oce sesungguhnya dilakukan di moment yang tepat, di mana saat ini kebanyakan masyarakat membutuhkan uluran tangan karena dampak dari pandemi Corona.

"Bagi yang mampu, situasi saat ini adalah momentum untuk berbagi, momentum untuk peduli dan momentum untuk melakukan gerakan sosial lainnya. Sedangkan bagi yang membutuhkan, ini adalah masa dimana diuji ketawakalannnya. Saat inilah ujian sesungguhnya," ucap Budi.

Dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Yanto Oce mengaku bahwa apa yang dilakukannya sekedar ingin berbagi dengan sesama saja. Tak ada motivasi lain-lain.

Di sisi lain, ia memuji setiap kebijakan Pemkot Tasik dalam menangani Corona. Salah satunya adalah langkah cepat kala menetapkan karantina wilayah parsial. Tak terkecuali kerja kompak Tim Gugus Tugas Covid-19, mulai dari awal hingga diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB saat ini.

Seperti diketahui, sejak beberapa bulan terakhir, banyak kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Relawan Kang Yanto Oce melakukan kegiatan sosial seperti bagi-bagi paket sembako. Intensitasnya semakin bertambah di tengah pandemi Corona. Tak hanya paket sembako, para relawan tersebut juga rajin membagi-bagikan alat pelindung diri kepada masyarakat. Misalnya masker. (Dwi/Piter)