Ketua Gugus Tugas Kab. Tasikmalaya, Ade Sugianto

Jejak Tasikmalaya - Ketua Gugus Tugas Corona Virus Disease (Covid-19) Kab. Tasikmalaya, Ade Sugianto, mengumpulkan para RT yang tersebar di lima desa di Kec. Jatiwaras, Selasa (15/9/2020). Dikumpulkannya mereka untuk meningkatkan kapasitas RT terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain para RT, edukasi pencegahan Corona ini juga dihadiri para kepala desa, Muspika dan tim Gugus Tugas Kab. Tasikmalaya, bertempat di Aula Kantor Desa Setiawangi, Kec. Jatiwaras. Kepada para ketua RT, Ade yang juga Bupati Tasikmalaya memaparkan bagaimana skenario dalam menangani/menghadapi Covid-19.

Pertama, kata Ade Sugianto, kita harus mengetahui persis tentang Virus Corona. Mulai dari apa itu Corona, bagaimana penyebarannya, tempat berdiam atau berkembang biaknya sampai seperti apa cara kerja virus mematikan ini merusak tubuh manusia.

"Dengan begitu, kita akan mengetahui harus seperti apa kita melawan Corona. Kuncinya ada pada kesadaran diri. Selanjutnya akan bisa diatasi dengan kerja sama semua pihak," ujar Ade Sugianto.

Ade berpesan bagi masyarakat yang berusia di atas 50 harus lebih waspada sebab kaitan dengan imunitas tubuh yang mulai tidak stabil. Khususnya bagi mereka-mereka yang memiliki riwayat penyakit bawaan seperti diabetes, harus lebih waspada lagi.

"Mengingt sampai saat ini belum ada vaksinnya, saya do'akan semua masyarakat jagjag waringkas, sehat belejag jauh tina Corona," katanya.

Sementara, Kepala Desa Setiawangi, Kec. Jatiwaras, Emil Fahmi Alamsyah, berpesan agar masyarakat tidak panik. Terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Bagi yang baru datang dari zona merah diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Apabila ditemukan gejala demam, batuk, flu, sakit tenggorokan dan sesak nafas, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat, atau hubung SIGESIT 119. (Piter)