Para peserta webinar

Jejak Ciamis - Himpunan Mahasiswa Prodi Administrasi Publik FISIP Universitas Galuh (Unigal) menyelenggarakan webinar administrasi publik bertajuk “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi di Era 4.0“, Rabu (26/8/2020). Seminar daring ini dibuka langsung Ketua Prodi Administrasi Publik Unigal, Wawan Risnawan, SE., SIp., M.Si dan diikuti 312 peserta terdiri dari mahasiswa, dosen, aparatur desa dan masyarakat umum.

Seminar dimulai pukul 08:00 WIB, dengan menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya. Ketiga narasumber tersebut yakni Eet Saeful H (Dosen Administrasi Publik FISIP Unigal), Mohamad Abdul Haris (Sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Kab. Ciamis) dan Dian Budiyana (Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis.

"Bahwasannya reformasi sangatlah penting untuk menjadi modal daya saing dalam pelayanan, apalagi di era 4.0 sekarang ini," kata Eet Saeful H. Mohamad Abdul Haris dalam paparannya menegaskan, implementasi inovasi pelayanan publik berbasis teknologi bukan lagi sebagai inovasi, tapi sebagai tuntutan pelayanan publik saat ini. Pelayanan itu tentunya harus efektif, efisien, dan akuntabilitas.

Sedangkan narasumber ketiga mengulas tentang analisa realisasi pelayanan publik berbasis IT, khususnya di Pemkab Ciamis.

Ketua Himpunan Prodi Administrasi Publik, Muhammad Roby Ilyas Hilmi, mengatakan, tujuan siadakannya seminar ini guna memberikan wacana teoritis untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi agar dapat menyesesuaikan penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, menurutnya, digitalisasi dalam hal pelayanan publik, khususnya di desa desa dengan segala problematikanya sangat diperlukan.

"Dengan tekhnologi, akan memberikan kemudahan dalam sistem informasi kepada masyarakat yang mampu menciptakan prinsip transparansi dan akuntabilitas yang ada di desa. Kemudian, melihat apa yang dipaparkan ketika webinar berlangsung, menjadi satu apresiasi kepada stakholder Desa Karangkamulyan, salah satu desa di Kab. Ciamis yang sudah mulai menerapkan digitalisasi dalam proses pelayanannya. Dan ini sejatinya harus menjadi pelecut bagi desa lainnya," pungkas Muhammad Roby Ilyas Hilmi. (Piter)