Teras Cihampelas Bandung Skywalk

Jejak Tasikmalaya - Salah satu lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang wajib ditertibkan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya adalah Jalan Cihideung. Selain menjadi pemicu kemacetan dan kesemrawutan, ratusan gerobak PKL itu telah merusak estetika kota.

Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, ia bersama Wali Kota Budi Budiman tengah merumuskan solusi yang paling tepat untuk menata PKL Jalan Cihideung.

Menurutnya, ada usulan dari masyarakat Cihideung yang menginginkan dibangun teras seperti Teras Cihampelas (Bandung Skywalk) dan ada juga yang mengusulkan dikembalikan lagi seperti semula dengan aturan jam berdagang mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Kedua usulan itu, kata Yusuf harus diperhatikan dari sisi tata ruang dan estetika. Hal itu supaya apapun yang akan diterapkan sesuai dengan kepentingan masyarakat.

"Jadi dualisme ini akan dipadukan. Nanti hasil rumusan dengan Pak Wali bagaimana. Kalau nanti saya cuman tindak lanjut pengendalian saja," ujarnya di Balekota Tasikmalaya, Selasa (17/4).

Penertiban PKL, lanjutnya, tidak hanya untuk jalan Cihideung saja melainkan lokasi lain pun akan mendapat perhatian yang sama.

Sementara PKL Dadaha, diakuinya belum selesai dan tidak maksimal karena shelter yang ada kurang memadai. "Nah, di penyusunan (anggaran) sekarang ada perbaikan shelter sampai di perubahan anggaran nanti," ucapnya. (Dwi