Para pengurus Ormas Islam dan Mubaligh tengah mengisi daftar hadir

Jejak Tasikmalaya - Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tasikmalaya, Kamis (21/5/2020), memanggil para pengelola Ormas Islam, Da'i dan Mubaligh se-Kota Tasik ke Kantor PCNU, Jl. Dokter Soekardjo. Dipanggilnya mereka untuk diberi mandat, menyalurkan seribu paket sembako kepada masyarakat terdampak wabah Coronavirus. Penyediaan paket sembako ini hasil kerja sama antara MUI dan Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Tasik.

Ketua MUI Kota Tasikmalaya, KH Ate Musodiq Bahrum, memimpin langsung penyerahan bantuan paket sembako. Dalam kesempatan itu, KH Ate mengimbau agar semua ormas keagamaan di Kota Tasik terus seiring sejalan dengan kebijakan pemerintah terkait penanggulangan pandemi Corona. 

"Insya Alloh, Gugus Tugas dan para pemuka agama akan terus bersinergi. Eksekutif, legislatif, TNI dan Polri pun sama demikian. Mereka akan bersatu memerangi wabah ini demi satu niat utama yakni: Menyelamatkan Warga Kota Tasik," kata KH Ate di sela kegiatan.

Kemudian soal Pembatasan Sosial Berskala Besara (PSBB), KH Ate yang juga Ketua PCNU Kota Tasik menambahkan, kebijakan ini diambil semata-mata untuk optimalisasi ikhtiar guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Dan bila disandarkan pada kaidah ushul fiqih mala yatimmul wajib, illa bihi fahuwa wajib yang artinya suatu kewajiban tidak akan sempurna, keculi dengan adanya sesuatu, maka sesuatu tadi hukumnya menjadi wajib.

"Dengan acuan kaidah ushul fiqih tersebut menegaskan, bahwa membasmi Virus Corona dalam hal menjaga dan melindungi diri (al-hifdh An-Nafs) hukumnya wajib karena bagian dari upaya menghilangkan virus atau penyakit. Oleh karena itu, penerapan PSBB menjadi wajib untuk dilakukan," terangnya.

Selanjutnya, atas nama MUI Kota Tasik KH Ate Musodiq Bahrum mengajak kepada kaum muslimin agar di penghujung Ramadhan yang bertabur rahmat, berkah dan maghfirah ini, dapat menyempurnakan semua rangkaian ibadah Ramadhan. Tambahkan pula do'a untuk Tim Gugus Tugas agar selalu diberi kekuatan dan kesabaran dalam mengemban tugas negara dan misi kemanusiannya. (Piter)