Seleksi Kadus Parungpung berbasis IT

Jejak Tasela - Dua calon ikuti seleksi perangkat Desa Pamijahan, Kec. Bantarkalong, Kab. Tasikmalaya untuk posisi kepala dusun Parungpung, Kamis (23/1/2020). Kedua calon yang telah lolos seleksi tahap administrasi tersebut adalah Firman Nuraziz Satria S.Pd dan Aip Samsul Aripin.

Dalam proses seleksi tersebut kedua calon ini akan menjalani beberapa tahapan seleksi yaitu tes tertulis berbasis IT dengan menggunakan program aplikasi Computer Assited Test (CAT) serta tes wawancara yang seluruh proses seleksinya dilakukan oleh Tim Kec. Bantarkalong.

Ketua Panitia Seleksi Kadus Parungpung, Olih Solihudin menjelaskan, setelah lolos tahap administrasi dengan melengkapi 16 item persyaratan, kedua calon diwajibkan mengikuti tahap lanjutan yaitu tes tertulis, wawancara dan tes berpidato dihadapan tim seleksi dari Kec. Bantarkalong, panitia, perwakilan warga dan Muspika yang turut memantau seluruh proses seleksi perangkat Desa Pamijahan.

"Panitia sengaja menggelar proses seleksi perangkat desa dengan menggunakan sistem perekrutan standar modern. Para calon akan mengerjakan sejumlah soal berbasis  CAT secara online, sehingga hasil jawaban akan aman dan tak bisa diganggu karena langsung diketahui oleh orang banyak secara langsung, dalam perekrutan ini kami kedepankan transparansi," jelas Olih.

Ketua Tim seleksi perangkat desa Kec. Bantarkalong yang juga Kasi Pemerintahan Didin Rohidin sangat mendukung dengan kebijakan panitia seleksi perangkat desa Pamijahan yang mengedepankan transparansi dan memanfaatkan teknologi informatika berupa aplikasi CAT sehingga hasil nilai dapat diketahui secara langsung. Peserta seleksi juga harus mengikuti public speaking dan tes wawancara.

"Proses seleksi perangkat desa di Pemdes Pamijahan sangat baik dan diharapkan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya," ujar Didin.

Sementara Kades Pamijahan H Ipin Aripin ditemui terpisah mengaku lega akhirnya posisi Kadus Parungpung akan segera terisi seiring digelarnya tes seleksi sesudah 5 bulan terjadi kekosongan jabatan tersebut.

"Sejak terjadi kekosongan jabatan kadus di Parungpung, kami terus lakukan sosialisasi terkait perekrutan dan Alhamdulillah kini telah ada dua calon, kami sampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu," kata Ipin.

Dari serangkaian proses tes seleksi yang dijalani kedua calon tersebut, akhirnya terpilih Aip Samsul Aripin usai mendapatkan nilai tertinggi dan resmi terpilih sebagai kadus Parungpung. (Mz)