Penerapan protokol kesehatan dilakukan petugas saat penyaluran BLT DD Desa Cipicung

Jejak Tasela - Pemdes Cipicung, Kec. Culamega, Kab. Tasikmalaya melalui Gugus Tugas Covid-19 menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), Kamis (28/5/2020). Sebanyak 246 keluarga terdampak pandemi menjadi penerima bantuan sosial dari anggaran Dana Desa TA 2020 tersebut.

Proses penyaluran BLT DD turut disaksikan, muspika, pemdes, TNI/Polri  serta tokoh masyarakat. Warga penerima wajib mengikuti prosedur protokol kesehatan yang dilakukan petugas kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu badan, memakai masker serta duduk di kursi dalam ruangan yang telah diatur untuk menjaga jarak aman antar warga.

Kades Cipicung, Jejen Hermawan menjelaskan, ratusan keluarga terdampak pandemi yang ditetapkan menjadi penerima BLT berdasarkan usulan dari ketua RT, selanjutnya dilakukan verifikasi dan validasi oleh tim gugus tugas beserta unsur masyarakat lainnya.

Dikatakannya, BLT sebesar Rp 600 ribu merupakan aloksi bansos bulan April. Pihaknya sengaja melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas Culamega, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menjalankan protokol kesehatan saat proses penyaluran baik saat acara simbolis maupun saat mendatangi rumah para penerima.

"Warga yang ditetapkan sebagai penerima merupakan keputusan bersama sesudah dilakukan rangkain proses, dengan bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban mereka ditengah pandemi yang saat ini masih berlangsung," jelas Jejen.

Sementara Camat Culamega, Tb Aam Muharam SH, M.Si ditemui terpisah menjelaskan, seluruh desa di Kec. Culamega telah menyalurkan BLT dana desa sesuai dengan ketentuan dan aturan, proses pendataan dan verifikasi  data penerima dilanjutkan penyaluran telah sesuai dengan aturan dan ketentuan, terutama ditengah kondisi pandemi covid-19.

"Seluruh proses penyaluran dilakukan berdasarkan aturan, adapun teknis pembagiannya pun tetap mengedepankan protokol kesehatan," kata Aam. (Mz)