Bencana tanah longsor di Desa Cibalong

Jejak Tasela - Bencana tanah longsor terjadi di Kp. Cikaret Rt 01/02 Desa/Kec.cibalong Kab. Tasikmalaya, Jumat ( 19/6). Longsor yang terjadi sekitar pukul 4.30 WIB tersebut mengakibatkan rumah milik Dede (65 th) tertimbun longsor, sementara  2 rumah milik warga lainnya alami kerusakan parah serta 15 rumah warga yang berada di area tersebut juga  terancam longsor susulan.

Selain menimbun rumah, di dapati ada seorang korban tertimbun  tanah longsoran bernama Sukaesih ( 90 th), akibat kesiagaan petugas dan warga, korban berhasil dievakuasi dan langsung di larikan ke puskesmas Cibalong, dari informasi tim medis, korban hanya mengalami luka pada bagian tangan saja. 

Camat Cibalong Drs A Amin melalui Kasi Trantibum Yadi Rustiadi menjelaskan, membenarkan adanya bencana longsor tersebut,  setelah kejadian, muspika, Koramil dan Polsek Cibalong, relawan BPBD, pemdes  serta  warga  setempat langsung melakukan langkah evakuasi dan penanganan berupa upaya pembersihan material longsor dilokasi tersebut.

Selanjutnya untuk mengantisipasi potensi longsor susulan, Muspika TNI/Polri dan relawan BPBD melakukan evakusai seluruh warga yang tinggal di area bencana agar tak terjadi hal yang tak diinginkan, apalagi saat ini potensi hujan akan terus terjadi.

"Kami bersama unsur lainnya akan terus berkoordinasi untuk melakukan penanganan dan langkah antisipatif lainnya, selain akan berkoordinasi dengan BDBD Kab. Tasikmalaya," jelasnya. (Mz/Ihsan)